Terapkan Hal Ini Saat Di Hotel, Agar Menginap Jadi Nyaman

 Terapkan Hal Ini Saat Di Hotel, Agar Menginap Jadi Nyaman

Manajemen hotel atau penginapan, pengelola destinasi wisata, pemandu turis, dan semua lini yang berkaitan dengan kegiatan wisata harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.


Untuk mematuhi protokol kesehatan sehingga semua aman dan nyaman. Khusus bagi Anda yang berpergian dan hendak menginap di hotel, vila, losmen, atau homestay, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Mengutip laman Travel and Leisure, ada hal-hal yang lebih spesifik dari protokol kesehatan umum, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, atau menjaga jarak fisik, saat menginap di hotel atau jenis layanan penginapan lainnya. 

Pertama pastikan diri dalam keadaan sehat dan telah menjalani rapid test atau swab PCR test untuk mengetahui apakah positif atau negatif Covid-19. Setelah itu, terapkan hal ini agar tetap aman menginap di hotel.


Teliti Hotel Yang Ingin Di Kunjungi

Riset dulu beberapa hotel yang ada di wilayah itu dan perhatikan dengan detail apa saja protokol kesehatan yang mereka terapkan. Tentu saja, pilih hotel yang manajemennya mendukung pelaksanaan protokol kesehatan dengan ketat dan segala layanan yang meminimalisir sentuhan.


Tanyakan Langkah Pengelola Hotel Menolong Tamu yang Sakit

Anda perlu mencari tahu bagaimana manajemen hotel menangani jika ada tamu yang sakit. Apakah pengelola hotel bekerja sama dengan layanan kesehatan dan apa yang mereka lakukan pada kamar yang ditempati oleh tamu yang sakit tadi. Jika perlu, tanyakan langsung langkah-langkah tersebut ke hotel yang dituju sebelum Anda memutuskan untuk menginap di sana.


Pastikan Protokol 

Sesuai dengan protokol kesehatan umum, Anda harus memakai masker dan menjaga jarak saat berada di luar kamar. Di lobi, restoran, lift, kolam renang, dan semua ruang terbuka di hotel, wajib menerapkan protokol kesehatan ini untuk kebaikan diri dan orang lain.


Minta Kamar yang Belum Dihuni Selama Beberapa Hari

Perlu memastikan kamar yang akan ditempati telah dikosongkan selama minimal tiga hari sebelum Anda masuk. Dengan begitu, ada waktu kamar itu 'beristirahat' sebelum diisi tamu lagi. Jangan terima apabila kamar baru saja ditinggalkan oleh tamu sebelumnya atau baru satu hari kosong.


Kamar Harus Bersih

Tentu pengelola hotel sudah membersihkan semua bagian dan fasilitas yang ada di dalam kamar. Tapi tiada salahnya Anda membersihkan ulang. Sebab itu, bawa selalu hand sanitizer dan tisu untuk membersihkan benda-benda yang kerap tersentuh, seperti remote televisi, saklar lampu, gangang pintu, permukaan meja, dan benda yang sering disentuh di kamar mandi.


Buka Jendela Ruangan

Jika memungkinkan buka jendela di kamar hotel Anda. Dengan begitu, sirkulasi udara akan lebih baik dan sinar matahari bisa masuk.


Tolak Layanan Membersihkan Kamar

Jika Anda termasuk orang yang resik dan tertib, sebaiknya tak perlu meminta layanan pembersihan kamar selama Anda menginap. Dengan begitu, akan lebih sedikit orang yang dapat masuk atau mengakses kamar Anda. Dan langkah ini tentu mencegah penyebaran Covid-19.


Pesanan Layanan Makan ke Kamar

Ketimbang pergi ke restoran dan kemungkinan bersinggungan dengan orang lain, sebaiknya pesan makanan dan minta pelayan mengantarkannya ke kamar. Makanan itu cukup diantar sampai depan pintu dan tunggu sampai pelayan pergi. Setelah itu, Anda keluar kamar dan mengambil makanan tersebut.

Comments